Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala
Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Singkil
Utara. Jenis penelitian kualitatif serta subjek pada penelitian ini adalah
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta dengan menggunakan
tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis dengan penyajian data, reduksi data dan
menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan
pada manjemen sekolah untuk mengembangkan kompetensi keahlian
lulusan di SMK Negeri 1 Singkil Utara bisa meiputi koordinasi tim,
sosialisasi, pembekalan siswa, pemetaan DU/DI disesuaikan dengan
kompetensi keahlian lulusan. Dunia usaha dan dunia industri tentunya
memiliki pengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan Prakerin. Oleh karena
itu, SMK Negeri 1 Singkil Utara juga menentukan syarat atau kriteria
kompetensi keahlian lulusan yang dapat dimasukkan dalam daftar
inventaris. Syarat utama atau kriteria utama DU/DI adalah harus sesuai
dengan kompetensi siswa. Pelaksanaan Prakerin berjalan secara bertahap,
jelas urutannya, sesuai dengan program kerja yang disusun sebelumnya.
Kegiatan Prakerin terdiri dari pencarian tempat praktik, pengajuan surat
permohonan, penyerahan, pelaksanaan siswa Prakerin di industri,
monitoring, penarikan, serta laporan kegiatan Prakerin. Kegiatan evaluasi
Prakerin dilakukan dengan rapat yang melibatan oleh tim Prakerin yang
terdiri dari kepala sekolah, semua wakil kepala sekolah, ketua jurusan, guru
pembimbing. Tiap jurusan kemudian melaporkan hasil pelaksanaan
Prakerin para siswanya. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa
evaluasi dalam Prakerin perlu dilaksanakan untuk perbaikan pada
pelaksanaan Prakerin selanjutnya