Abstract:
Judul penelitian adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah
di SD Swasta Sejahtera Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Tempat penelitian adalah di SD Swasta Sejahtera Kelurahan Terjun Kecamatan
Medan Marelan Kota Medan. Subjek Penelitian adalah kepala sekolah SD Swasta Sejahtera.
Metode pengumpulan data adalah pengamatan partisipasif, wawancara dan dokumentasi. Hasil
dari penelitian ini adalah kepemimpinan manajerial kepala sekolah di SD Swasta Sejahtera sudah
baik ditandai dengan adanya proses perencanaan dimana kepala sekolah sudah berkolaborasi
dengan semua pihak mengenai perencanaan perangkat pembelajaran, pengorganisasian dimana
kepala sekolah melakukan berbagai program berupaya untuk meningkatkan kualitas guru,
pengkoordinasian dimana kepala sekolah selalu berkoordinasi dengan komite sekolah, tenaga
pendidik dan kependidikan, siswa dan orangtua siswa, masyarakat dan pengawasan yang
dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Strategi kepemimpinan manajerial yang dilakukan kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SD Swasta Sejahtera adalah dengan menggunakan
keterampilan konseptual (Conceptual Skills), Keterampilan teknikal (Technical Skills) dan
Keterampilan Hubungan Manusia (Human Skills).