Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Indah Aulia Putri
dc.date.accessioned 2024-05-30T10:10:59Z
dc.date.available 2024-05-30T10:10:59Z
dc.date.issued 2024-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23712
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan kelas V B sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 76,27 dan post-tes sebesar 85,54, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 64,92 dan post-test sebesar 75,96. Pembelajaran menggunakan model problem based learning memberikan dampak yang signifikan bagi siswa. Dilihat dari nilai signfikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account