Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam
pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya
dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan
yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dengan
mengambil 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan
kelas V B sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas
dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model
pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 76,27
dan post-tes sebesar 85,54, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran
konvensional) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 64,92 dan post-test sebesar
75,96. Pembelajaran menggunakan model problem based learning memberikan
dampak yang signifikan bagi siswa. Dilihat dari nilai signfikansi (sig.2-tailed) 0,000
< 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan.