Abstract:
Industri coffeeshop dan bahkan seluruh perusahaan saat ini menghadapi persaingan
yang sangat ketat.kopi Arabika yang telah mempunyai sertifikasi Indikasi Geografis
yang merupakan suatu jaminan pasar tentang mutu yang dihasilkan bagi para
konsumen/buyer sehingga mempunyai nilai tambah yang signifikan. Secara
ekonomi nilai jual Kopi Arabika lebih mahal daripada Kopi Robusta. Kegiatan yang
dilakukan untuk dapat meningkatkan produksi dan memenuhi permintaan ekspor
ke berbagai negara, maka dikembangkanlah budidaya kopi di berbagai wilayah di
Nusantara, baik di luar Jawa maupun di pulau Jawa sendiri.. Upaya meningkatkan
produktivitas dan mutu kopi terus dilakukan sehingga daya saing kopi di Indonesia
dapat bersaing di pasar dunia.. Mulai dari tahap pemanenan buah dengan cara petik
merah, dan pengeringan yang tepat akan mempengaruhi rasa dan aroma biji kopi
Konsekuensinya adalah mereka harus memiliki kemampuan untuk membangun dan
mempertahankan konsumen dengan meningkatkan keputusan pembelian konsumen
untuk produk-produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji
pengaruh pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap keputusan membeli produk
Buntul Coffee bener Meriah. Populasi dalam penelitian pelanggan tetap Buntul
Coffee Bener Meriah sebanyak 400 orang pelanggan, dengan menggunakan rumus
Slovin maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang. Untuk
pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, kemudian untyuk analisis
data menggunakan model regresi linear sederhana yang dijalankan dengan program
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan
pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
membeli produk Buntul Coffee Bener Meriah. Hasil penelitian menjadi informasi
penting dalam mendesain strategi penjualan produk Buntul Coffee Bener Meriah,
khususnya terkait dengan penerapan aplikasi teknologi internet dan platform media
sosial.