Abstract:
Periklanan adalah bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk
menyampaikan informasi mengenai produk mereka kepada konsumen. Saat ini,
periklanan menjadi sarana yang banyak dipilih oleh perusahaan untuk
memperkenalkan produknya termasuk Ale-Ale Fun Flava. Penelitian ini berfokus
pada analisis semiotika komunikasi visual dalam iklan Ale-Ale Fun Flava.
Bertolak dari latar belakang tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah untuk
memahami bagaimana iklan tersebut menggunakan bahasa visual untuk
menyampaikan pesan kepada pemirsa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan
kualitatif dan deskriptif, dengan analisis semiotika yang merujuk pada teori
Roland Barthes. Hasil analisis menunjukkan bahwa Secara menyeluruh
komunikasi visual iklan ini menciptakan mitos positif tentang minuman Ale-ale
Fun Flava dengan menggambarkan sensasi positif yang diberikan oleh produk ini.
iklan Ale-Ale Fun Flava mencerminkan strategi pemasaran Wings Food, pemilik
merek Ale-Ale, dalam memperkenalkan produk terbaru mereka. Terdapat enam
penekanan dalam iklan ini, yakni unsur "baru," "sensasi berbeda," "segmentasi
anak-anak," "harga terjangkau," serta fokus pada citra yang menyenangkan dan
ceria dalam komunikasi visual dan animasi iklan