Abstract:
Dakwah merupakan kewajiban hukum setiap muslim dengan berbagai cara
yang telah disyariatkan dan bertujuan untuk memperoleh keridhaan Allah SWT,
selamat di dunia dan bahagia di akhirat. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana representasi etos kerja sebagai pesan
dakwah dalam film biografi “Buya Hamka” karya Fajar Bustomi. Jenis
penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan
data penelitian dilakukan untuk melengkapi analisis pemutaran film dengan
observasi yang lebih mendalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
model penelitian Semiotika Charles Sanders Pierce sebagai alat analisis. Hasil
penelitian ini terdiri dari 4 Scene, yakni makna jiwa kepemimpinan yang harus
mampu mengarahkan perbuatan baik dan buruk bagi diri sendiri maupun orang
lain, menghargai waktu dengan cara memprioritaskan tugas-tugas penting dan
mendesak serta menghindari penundaan yang merusak, haus akan menuntut
ilmu guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, dan pantang menyerah
karena pada dasarnya pantang menyerah ialah cara dan ciri kepribadian
seseorang untuk melakukan etos kerja.