Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi
pedagogik dan kepemimpinan guru penggerak sebelum mengikuti program guru
penggerak, 2)untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan guru penggerak setelah mengikuti program guru penggerak, dan
3) untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas program guru penggerak bagi
peningkatan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru di SMK Negeri 7
Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
mengedepankan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai
metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan triangulasi antara sumber
data untuk menguatkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian. Penelitian
diawali dengan mengumpulkan data kualitatif tentang kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan guru SMK Negeri 7 Medan sebelum dan sesudah mengikuti
Pendidikan guru penggerak melalui wawancara. Hasil temuan penelitian diperoleh
bahwa program Guru Penggerak sudah efektif bagi peningkatan kompetensi
pedagogik dan Kepemimpinan Guru di SMK Negeri 7 Medan, dan dari hasil
observasi dan wawancara terlihat adanya peningkatan kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan guru setelah mengikuti program ini yang berarti terdapat
perbedaan yang nyata antara kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru
sebelum mengikuti Pendidikan dan sesudah mengikuti Pendidikan guru
penggerak. Setelah mengikuti program guru penggerak, guru penggerak mampu
melakukan inovasi dalam pembelajaran, menjadi pemimpin pembelajaran yang
berpusat pada murid dan pemimpin dalam komunitas praktisi di SMK Negeri 7
Medan.