Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Konseling Kelompok
Pendekatan Cognitive Behavior Therapy dapat mengurangi masalah
kesulitan Belajar Siswa IX SMP Muhammadiyah 01 Medan berjalan
dengan baik. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan
Konseling serta siswa yang mengalami masalah kesulitan belajar. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi,
dan Wawancara. Dari hasil analisa data dengan menggunakan observasi,
Masalah kesulitan Belajar siswa bisa teratasi melalui Konseling Kelompok
Pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan masukan atau dorongandorongan
yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Dengan
demikian, penggunaan Layanan Konseling Kelompok pendekatan
Cognitive Behavior Therapy Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX
SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2017/2018, dengan catatan
dilakukan secara teratur, sistematis dan terarah.