Research Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN LULUSAN (STUDI DI PESANTREN MODREN NURUL HAKIM TEMBUNG – DELI SERDANG )

Show simple item record

dc.contributor.author IBRAHIM
dc.date.accessioned 2024-05-28T02:24:34Z
dc.date.available 2024-05-28T02:24:34Z
dc.date.issued 2023-05-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23698
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kurikulum terpadu dalam mencapai keunggulan lulusan di Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung-Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriktif. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. objek penelitian ini adalah Direktur Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum dan guru pembimbung. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung dalam mencapai keunggulan lulusan diawali dengan penentuan Visi dan Misi, strategi lembaga, dan output lembaga. Penentuan visi dan misi, tujuan lembaga disusun berdasarkan musyawarah Direktur Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Madrasah, dan Perwakilan Dewan Guru dengan mengutamakan konsep keunggulan lulusan. (2) Pelaksanaan manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung adalah intregasi kurikulum dengan perbandingan 50 % kurikulum Madrasah dan 50 % kurikulum pesantren. Pelaksanaan manajemen kurikulum terpadu terdiri atas intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Intra kurikuler berisi tentang ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu bahasa arab, dan ilmu-ilmu umum, Ko-kurikuler berisi tentang ibadah amaliyah, extensive learning, praktik dan bimbingan, dan ektrakurikuler dilaksanakan di luar sekolah oleh pengurus organisasi santri. (3) Evaluasi manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung terdiri atas tiga evaluasi yaitu evaluasi struktur organisasi, evaluasi Sumber Daya Manusia, dan Evaluasi Pembelajaran untuk menggapai keunggulan lulusan. Evaluasi dilakukan apabila output lulusan dan perkembangan santri tidak mempunyai hasil yang siqnifikan. (4) Untuk menggapai keunggulan lulusan pesantren modren nurul hakim diperlukan dukungan direktur yayasan, kualitas guru, siswa, kurikulum, dan manajemen pembelajaran. Prestasi lulusan dibekali dengan bimbingan keagamaan, bimbingan bahasa asing dan belajar tambahan untuk lulusan yang ingin melanjut ke Perguruan Tinggi Timur tengah dan Perguruan Tinggi Negri. en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Kurikulum en_US
dc.subject lulusan en_US
dc.title IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN LULUSAN (STUDI DI PESANTREN MODREN NURUL HAKIM TEMBUNG – DELI SERDANG ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account