Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen
kurikulum terpadu dalam mencapai keunggulan lulusan di Pesantren Modren Nurul
Hakim Tembung-Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriktif. Instrumen penelitian menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. objek penelitian ini adalah Direktur Pesantren,
Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum dan guru
pembimbung. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data, reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan
kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung dalam mencapai
keunggulan lulusan diawali dengan penentuan Visi dan Misi, strategi lembaga, dan
output lembaga. Penentuan visi dan misi, tujuan lembaga disusun berdasarkan
musyawarah Direktur Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala
Madrasah, dan Perwakilan Dewan Guru dengan mengutamakan konsep keunggulan
lulusan. (2) Pelaksanaan manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul
Hakim Tembung adalah intregasi kurikulum dengan perbandingan 50 % kurikulum
Madrasah dan 50 % kurikulum pesantren. Pelaksanaan manajemen kurikulum
terpadu terdiri atas intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Intra kurikuler
berisi tentang ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu bahasa arab, dan ilmu-ilmu umum,
Ko-kurikuler berisi tentang ibadah amaliyah, extensive learning, praktik dan
bimbingan, dan ektrakurikuler dilaksanakan di luar sekolah oleh pengurus
organisasi santri. (3) Evaluasi manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren
Nurul Hakim Tembung terdiri atas tiga evaluasi yaitu evaluasi struktur organisasi,
evaluasi Sumber Daya Manusia, dan Evaluasi Pembelajaran untuk menggapai
keunggulan lulusan. Evaluasi dilakukan apabila output lulusan dan perkembangan
santri tidak mempunyai hasil yang siqnifikan. (4) Untuk menggapai keunggulan
lulusan pesantren modren nurul hakim diperlukan dukungan direktur yayasan,
kualitas guru, siswa, kurikulum, dan manajemen pembelajaran. Prestasi lulusan
dibekali dengan bimbingan keagamaan, bimbingan bahasa asing dan belajar
tambahan untuk lulusan yang ingin melanjut ke Perguruan Tinggi Timur tengah dan
Perguruan Tinggi Negri.