Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PengaruhMotivasi Berprestasi, Budaya
Akademik Dan Pengembangan Diri Terhadap Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi
Ilmu Tarbiyah Kabupaten Batu Bara. Sampel dalam penelitian yang dilakukan ini
adalah seluruh Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah KabupatenBatu Bara yang
berjumlah 54 orang. Penelitian ini menggunakan angket sebagai pengumpulan
data dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji stimultan,
uji determinasi, uji parsial dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α=0,05)
yang diolah dengan bantuan alat SPSS 22. Hasil penelitian Terdapat pengaruh
Motivasi berprestasi terhadap kinerja Dosen koefisien determinasi R2 (R square)
= 0,450, Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaanregresi Ŷ =
60.202+ 2.307X1, adanya peningkatan nilai kinerja Dosen.sebesar 2.307.
Terdapat pengaruh Budaya Akademik terhadap kinerja Dosen koefisien
determinasi R2 (R square) = 0,21 Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan
persamaan regresi Ŷ = 60.202+ 0,957X2 adanya peningkatan nilai kinerja Dosen
sebesar 0,957. Terdapat pengaruh Pengembangan diri terhadap Kinerja Dosen
koefisien determinasi R2 (R square) = 15,0% Hasil analisis regresi sederhana
menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 60.202 + 1 Adanya peningkatan
Pengembangan dirikan diikuti peningkatan nilai Kinerja Dosen sebesar 1.578.
Terdapat pengaruh Motivasi Berprestasi (X1), Budaya Akademik (X2) dan
Pengembangan Diri (X3) secara bersama-sama terhadap Kinerja Dosen. Adapun
besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 24.1,
yang berarti bahwa Motivasi Berprestasi (X1), Budaya Akademik (X2) dan
Pengembangan Diri (X3)secara bersama – sama memberikan pengaruh terhadap
kinerja dosen sebesar 24,1% dan sisanya yaitu 75,9% ditentukan oleh factor
lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan Ŷ = 60.202+
2.307X1 + 0,957X2+1.578X3.