Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Sertifikasi Halal dan Persepsi Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening
Pada Restoran Nyushiin Medan, baik itu secara langsung maupun secara tidak
langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data
penelitian ini menggunakan analisis statistik yakni partial least square – structural
equestion model (SEM – PLS). Teknik pengumpulan data menggunakan
kuisioner. Adapun hasil penelitian Sertifikasi Halal tidak berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian. Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian. Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. Sertifikasi Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli.
Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Sertifikasi Halal
melalui Minat Beli terhadap Keputusan pembelian tidak berpengaruh positif.
Persepsi Harga melalui Minat Beli terhadap Keputusan pembelian signifikan.
Hasil pengujian R – Square diperoleh hasil bahwa model jalur yang menggunakan
variabel intervening adalah 0.138 dan 0.463. Dengan kata lain kemampuan
variabel X yaitu Sertifikasi Halal dalam menjelaskan variabel Z yaitu Minat Beli
sebesar 5.28% dengan demikian model tergolong moderate (sedang) dan
kemampuan variabel X yaitu Sertifikasi Halal menjelaskan variabel Y yaitu
Keputusan Pembelian sebesar 3.55% dengan demikian model tergolong lemah