Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA DIOSIR (DIORAMA SIKLUS AIR) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V UPT SD NEGERI 060863 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RAHAYU, LIA
dc.date.accessioned 2024-05-22T02:09:17Z
dc.date.available 2024-05-22T02:09:17Z
dc.date.issued 2024-04-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23689
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran Diosir (Diorama siklus air) pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan, untuk mengkaji kepraktisan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan serta untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang di modifikasi hanya sampai pada tahap implementation Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli desain media 94,28% “sangat valid”, ahli materi pembelajaran 95% “sangat valid” dan ahli Bahasa 100% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 94% dalam kategori “sangat praktis”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan dengan jumlah siswa 26 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 97,07% dengan kategori “ sangat praktis” en_US
dc.subject Pengembangan Media Pembelajaran en_US
dc.subject Media Diosir en_US
dc.subject ADDIE, en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA DIOSIR (DIORAMA SIKLUS AIR) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V UPT SD NEGERI 060863 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account