Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran Diosir (Diorama siklus air)
pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji kevalidan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi
siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan, untuk mengkaji kepraktisan
media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri
060863 Medan serta untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media
Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863
Medan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation yang di modifikasi hanya sampai pada
tahap implementation Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para
ahli yaitu validator ahli desain media 94,28% “sangat valid”, ahli materi
pembelajaran 95% “sangat valid” dan ahli Bahasa 100% “sangat valid”. Pada
kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 94% dalam
kategori “sangat praktis”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas V UPT SD
Negeri 060863 Medan dengan jumlah siswa 26 orang. Dari seluruh respon siswa
mendapatkan 97,07% dengan kategori “ sangat praktis”