Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SISWA SD BINA TARUNA MARELAN

Show simple item record

dc.contributor.author SIRAIT, TAZKIA AULIA
dc.date.accessioned 2024-05-22T02:02:48Z
dc.date.available 2024-05-22T02:02:48Z
dc.date.issued 2023-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23688
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa kelas IV ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitiani ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan Pre-eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, lembar observasi dan test performance. Uji hipotesis menggunakan uji T untuk mengetahui pengaruh model Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Bina Taruna Marelan. Sebelum intrumen tes digunakan, dilakukan uji coba terlebih dahulu yaitu uji validitas isi, validitas tes dan reliabilitas tes. Hasil uji coba diperoleh semua item butir soal tes adalah valid dan reliabel dengan kata lain layak untuk digunakan. Hasil validasi isi dengan para ahli (expert judgment) diperoleh 95 dengan kategori "sangat baik" lembar observasi baik digunakan tanpa revisi. Selanjutnya perhitungan menggunakan uji T pada aspek kognitif diperoleh nilai thitung 15,530 > ttabel 2.06866, maka sebagimana dasar pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Aspek afektif diperoleh thitung 42,009 > ttabel 2.06866, maka sebagimana dasar pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. dan psikomotorik diperoleh nilai thitung 11,306 > ttabel 2.06866, maka sebagimana dasar pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Bina Taruna Marelan. en_US
dc.subject Pembelajaran IPA, en_US
dc.subject Guided Note Taking en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SISWA SD BINA TARUNA MARELAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account