Abstract:
Skripsi ini merupakan suatu pembahasan yang bertujuan untuk mengetahui.
1. Bagaimana penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan
syariah pada Hotel Red Doorz Syariah Medan Teladan. 2.Bagaimana kualitas
pelayanan syariah bagi para tamu pada Hotel Red Doorz Syariah Medan Teladan.
3. Bagaimana implementasi pengelolaan pada Hotel Red Doorz Syariah Medan
Teladan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : 1.
Penerapan SOP sesuai dengan syariah pada Hotel Syariah Reddorz Teladan
Medan dimana prinsip – prinsip syariah perlu diperhatikan dalam setiap produk
yang ditawarkan kepada tamu hotel haruslah bermanfaat dan sesuai kaidah Islam,
penerapan standar operasional prosedur sudah sesai dengan acuan dari DSN-MUI.
2. Kualitas pelayanan syariah bagi para tamu pada Hotel RedDoorz Syariah
Medan Teladan Hotel Reddorz Syariah Teladan Medan dalam hal pelayanan,
dengan melaksanakan 3 unsur (kantor depan, tata graha, makan dan minum,
restaurant) tersebut, manajemen hotel beranggapan bahwa telah menerapkan
pelayanan dasar yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung atas akomodasi hotel
syariah. 3. Implementasi Pengelolaan Bisnis Hotel RedDoorz Syariah Medan
Teladan, dimana sistem pengelolaan Hotel RedDoorz Syariah Medan sudah di
implementasikan sesuai dengan syariah islam yaitu memiliki dan menggunakan
sistem jaminan halal, Hotel Reddoorz Syariah Medan sudah melakukan prinsip
syariah sesuai dengan pedoman DSN-MUI, diantaranya ada penyeleksian tamu
yang datang, tidak menyediakan miras atau alkhohol, produk yang diberikan
pihak hotel merupakan produk halal, tidak menyediakan tempat hiburan, memiliki
musholla dan tempat untuk berwudhu, sudah menyediakan perlengkapan ibadah
di setiap kamar, yang artinya hotel ini sudah menjalankan pelaksanaan prinsip
syariah.