Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana perencanaan implementasi
strategi takrir pada program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al- Qur’an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, Bagaimana proses
pelaksanaan dalam strategi takrir pada program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al- Qur’an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, Bagaimana
evaluasi pembelajaran strategi takrir pada program tahfidzul Qur’an. Tujuan
penelitian ini yaitu Untuk mengetahui perencanaan implementasi strategi takrir pada
program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa
di MTs Muhammadiyah 15 Medan, Untuk mengetahui proses pelaksanaan dalam
strategi takrir pada program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al- Qur’an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, Untuk mengetahui
evaluasi pembelajaran strategi takrir pada program tahfidzul Qur’an dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa di MTs Muhammadiyah 15
Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
perencanaan Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Strategi Takrir Dalam
Peningkatan Kualitas Bacaan Al- Qur’an Siswa Di MTs Muhammadiyah 15 Medan
tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh guru-guru tahfidz sebelumnya
Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Strategi Takrir Dalam Peningkatan
Kualitas Bacaan Al- Qur’an Siswa Di MTs Muhammadiyah 15 Medan dilakukan
dengan dua cara yaitu dengan mentakrirkan hafalan sendiri di rumah masing-masing dan
mentakrirkan hafalannya dihadapan guru tahfidz. Evaluasi Implementasi Program
Tahfidzul Qur’an Dengan Strategi Takrir Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al Qur’an Siswa Di MTs Muhammadiyah 15 Medan dilakukan setiap peserta didik selesai
menyetorkan hafalannya kepada guru tahfidz.