Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta
kendala yang ada dalam pembelajaran program tahsin qur’an di SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini didapatkan atas asumsi bahwa dengan
pembelajaran tahsin dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada
peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan field reaserch (lapangan). Pengumpuan data dari penelitian ini
diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Teknik keabsahan
data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
data disimpulkan bahwa dengan adanya manajemen pad program tahsin qur’an
ternyata sangat efektif untuk digunakan bahkan dapat meningkatkan bacaan Al Qur’an peserta didik sebanyak 80%. Penelitian ini menyatakan bahwa manajemen
dalam program tahsin qr’an di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal mengalami
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an.