Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru pada mata
pelajaran bahasa arab dalam membangkitkan minat belajar siswa di MTs Nurul
Afifah Aceh Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif yang diambil dari data primer dan sekunder data tersebut diproleh
melalui wawancara terhadap kepala sekolah, guru bahasa arab, siswa,dan petugas
administrasi sekolah. adapun hasil penelitian ditemukan bahwa 1.) minat belajar
siswa cendrung bervariasi, sebagian siswa menunjukan minat tinggi Sementara
sebagian menunjukkan minat yang rendah. 2) Guru menerapkan strategi
pengajaran yang beragam, seperti pendekatan interaktif, media pembelajara
interaktif kegiatan ekstrakulikuler dan proyek. 3)Faktor-faktor penghambat guru
seperti kurangnya dukungan lingkungan, dominasi penggunaan bahasa Indonesia,
metode pengajaran monoton.Penelitian ini memberikan wawasan mendalam
tentang kondisi pembelajaran Bahasa Arab di MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara.