Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk
menganalisis preferensi konsumen dalam pembelian antara buah jeruk impor dan
lokal di pasar MMTC Deli Serdang dan Untuk menganalisis atribut yang paling
dominan dipilih konsumen dalam keputusan pembelian buah jeruk impor dan jeruk
lokal di pasar MMTC Deli Serdang, Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang terdiri dari data primer yang diambil
dari penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber
jurnal penelitian dan website seperti Badan Pusat Statistika (BPS). Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis multiatribut Fishbein.
Hasil penelitian menunjukkan Buah jeruk yang menjadi preferensi konsumen di
Pasar MMTC Deli Serdang adalah jenis buah jeruk lokal dan impor dengan atribut
yang menjadi pilihan diantaranya rasa manis, berukuran besar (6-8 buah/kg),
berwarna oranye, dan beraroma segar. Atribut buah jeruk yang paling
dipertimbangkan dalam keputusan pembelian buah jeruk di Pasar MMTC Deli
Serdang adalah atribut rasa. Urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan
sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah rasa, ukuran, warna, dan
aroma.