Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didik
pada pembelajaran tematik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara guru
kelas V, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media pembelajaran
yang minim berupa buku paket dan media sederhana. Maka dari itu diperlukan
pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta
didik yaitu berupa media visual yang kreatif dan inovatif. Media thematic
spinning wheel merupakan media pembelajaran edukasi yang dapat memacu
peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini berjenis Research
and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator
ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta respon peserta didik dan guru.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert
dengan kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Analisis data yang
dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan,
media pembelajaran thematic spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid.
Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 98%, Hasil persentasi dari
ahli materi 95% dan hasil persentasi dari ahli bahasa 96%. Hasil uji coba respon
perserta didik diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis untuk
digunakan pada proses pembelajaran tematik sedangkan dari respon guru
diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.