Research Repository

PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 050645 TURANGIE

Show simple item record

dc.contributor.author ELSA WIDYA, VITANIA BR SEMBIRING
dc.date.accessioned 2024-05-02T02:30:55Z
dc.date.available 2024-05-02T02:30:55Z
dc.date.issued 2023-12-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23633
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di sekolah siswa mudah bosan dan jenuh ketika terjadinya proses pembelajaran di kelas karena pada proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 050645 Turangie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 050645 Turangie kelas V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitia ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi pada pembelajaran IPA terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 050645 Turangie berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh media video animasi pada pembelajaran IPA terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 050645 Turangie. Hasil analisis data diperoleh rata – rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 90. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata tanpa perlakuan yaitu 60 sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media video animasi memili rata– rata lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi. en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 050645 TURANGIE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account