Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di sekolah siswa mudah bosan
dan jenuh ketika terjadinya proses pembelajaran di kelas karena pada proses
pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa
pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 050645 Turangie. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 050645 Turangie kelas V yang
berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan
mengambil 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa
dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen pada penelitian
ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitia ini
menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi pada pembelajaran IPA
terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 050645 Turangie berpengaruh
terhadap keaktifan belajar siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test)
diperoleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya terdapat pengaruh media video animasi pada pembelajaran IPA terhadap
keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 050645 Turangie. Hasil analisis data
diperoleh rata – rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 90.
Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata tanpa perlakuan yaitu 60 sehingga siswa
yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media video animasi memili rata–
rata lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran video
animasi.