Abstract:
Perencanaan karier adalah suatu usaha yang dilakukan secara terarah dan terfokus
dengan berdasarkan atas potensi yang dimiliki untuk maju dan berkembang, baik
secara kualitas maupun kuantitas. Individu yang mempunyai perencanaan karier
yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya akan lebih siap dalam
menghadapi masa depan yang terkait dengan kehidupan kariernya. Tujuan
penelitian ini adalah agar siswa mampu merencanakan karier yang lebih baik dan
lebih sukses kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8
orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa. Adapun teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data,
memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat
diketahui bahwa penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan
perencanaan karier siswa sudah berjalan dengan baik dan efektif dalam
mengarahkan siswa memantapkan dan merencanakan pemilihan karier di masa
yang akan datang.