Research Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR UPTD SPF SD NEGERI 2 RIMO

Show simple item record

dc.contributor.author ROSARI BANCIN, RIKA
dc.date.accessioned 2024-04-23T07:43:06Z
dc.date.available 2024-04-23T07:43:06Z
dc.date.issued 2024-01-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23626
dc.description.abstract Di dalam dunia pendidikan karakter merupakan pendidikan dasar yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berperannya pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di UPTD SPF SD Negeri 2 Rimo. Seperti yang dirancang oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia pada tahun 2017 tentang gerakan pendidikan karakter yang didalamnya telah mengidentifikasikan 5 (lima) nilai utama karakter yang saling berkaitan dan sejalan. Adapun 5 nilai karakter tersebut adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan mempergunakan data primer berupa lisan, yang didapatkan dari wawancara dari berbagai sumber. Data sekunder berupa data, foto dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya pengimplementasian manajemen kurikulum penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu pembelajaran di UPTD SPF SD Negeri 2 Rimo. Dengan dilakukannya pengimplementasian kurikulum pendidikan penguatan karakter ini baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kegiatan sehari hari dilingkungan sekolah dan luar sekolah berdampak sangat baik bagi peserta didik khususnya dan warga sekolah pada umumnya.dampak positifnya di dalam kelas peserta didik sudah mulai lebih tertib dan mematuhi peraturan dan kesepakatan kelas,sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik,guru lebih fokus menjelaskan materi pelajaran dan peserta didik mudah menerima pelajaran.Begitu juga dengan kegiatan yang ada diluar kelas,peserta didik sudah bisa memahami dan menerapkan sikap dan karakter yang baik didalam kehidupan sehari harinya,sudah bisa melihatkan contoh sikap yang baik baik kepada yang lebih tua,sebaya dan yang lebih muda.dengan adanya implementasi manajemen kurikulum pendidikan penguatan karakter ini baik berbasis kelas,berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat diharapkan dapat mengurangi dampak krisis moral dan kenakalan remaja yang terjadi saat sekarang ini. en_US
dc.subject Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Penguatan Karakter en_US
dc.subject Krisis Moral en_US
dc.subject Meningkatnya Kenakalan Remaja en_US
dc.title IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR UPTD SPF SD NEGERI 2 RIMO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account