Abstract:
Di dalam dunia pendidikan karakter merupakan pendidikan dasar yang sangat
penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Setiap manusia memiliki
karakter yang berbeda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa berperannya pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di UPTD SPF SD Negeri 2 Rimo. Seperti yang dirancang oleh
kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia pada tahun 2017
tentang gerakan pendidikan karakter yang didalamnya telah mengidentifikasikan 5
(lima) nilai utama karakter yang saling berkaitan dan sejalan. Adapun 5 nilai
karakter tersebut adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan
integritas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif
dengan metode studi kasus. Dengan mempergunakan data primer berupa lisan,
yang didapatkan dari wawancara dari berbagai sumber. Data sekunder berupa
data, foto dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukan
bahwa dengan adanya pengimplementasian manajemen kurikulum penguatan
pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis
masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu pembelajaran di UPTD
SPF SD Negeri 2 Rimo. Dengan dilakukannya pengimplementasian kurikulum
pendidikan penguatan karakter ini baik dalam proses pembelajaran maupun
dalam kegiatan sehari hari dilingkungan sekolah dan luar sekolah berdampak
sangat baik bagi peserta didik khususnya dan warga sekolah pada
umumnya.dampak positifnya di dalam kelas peserta didik sudah mulai lebih tertib
dan mematuhi peraturan dan kesepakatan kelas,sehingga proses pembelajaran bisa
berjalan dengan baik,guru lebih fokus menjelaskan materi pelajaran dan peserta
didik mudah menerima pelajaran.Begitu juga dengan kegiatan yang ada diluar
kelas,peserta didik sudah bisa memahami dan menerapkan sikap dan karakter
yang baik didalam kehidupan sehari harinya,sudah bisa melihatkan contoh sikap
yang baik baik kepada yang lebih tua,sebaya dan yang lebih muda.dengan adanya
implementasi manajemen kurikulum pendidikan penguatan karakter ini baik
berbasis kelas,berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat diharapkan dapat
mengurangi dampak krisis moral dan kenakalan remaja yang terjadi saat sekarang
ini.