Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Kinerja kepala madrasah, 2) Upaya
peningkatan mutu pembelajaran, 3) Kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan
mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Langkat. Jenis penelitian ini
adalah kualitatatif dengan pengelolaan studi kasus. Prosedur penelitian dengan
teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Kinerja kepala madrasah sebagai
Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader. 2) Upaya Peningkatan
Mutu Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Langkat antara lain
Memberikan pembinaan, motivasi, melakukan evaluasi kepada guru. 3) Kinerja
kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Langkat, sebagai supervisor kegiatan supervisi kepala madrasah untuk
mengamati proses pembelajaran secara langsung, terutama dalam pemilihan dan
metode, media yang digunakan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran,
Mengikutsertakan guru untuk pengikuti pendidikan dapat menambah wawasan
dan ilmu baru, sehingga guru lebih siap dalam melaksanakan pembelajaran.
Implikasi penelitan ini diharapkan kepala madrasah bisa lebih berkontribusi,
kreatif, inovatif serta mengkoodinir warga madrasah dalam upaya meningkatkan
mutu pembelajaran, pihak-pihak yang terkait kerja sama bisa mempertahankan
serta mengadakan pelatihan-pelatihan dengan memberikan kesempatan kepada
semua guru untuk meningkatkan kompetensinya.