Research Repository

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DAN NUMERASI DALAM BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 028289 BINJAI UTARA KOTA BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author SUGANDI, FEBE
dc.date.accessioned 2024-04-23T07:00:04Z
dc.date.available 2024-04-23T07:00:04Z
dc.date.issued 2024-01-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23623
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi literasi dan numerasi dalam berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa di kelas V. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif tipe embedded, yakni pendekatan kualitatif sebagai metode primer dan kuantitatif sebagai metode sekunder. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 028289 Binjai Utara. Alat pengumpulan data Wawancara observasi, dokumentasi dan test. Hasil penelitian implementasi budaya literasi dan numerasi pada pembelajaran tematik. Maka penelitian untuk siswa kelas V sudah dilakukan persiapan, pihak sekolah merasa ada kekurangan karena siswa kurang berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa kegiatan dilakukan agar siswa dapat melakukan literasi dan numerasi dengan baik dengan berfikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi dan numerasi di sekolah dengan peningkatan berfikir kritis peserta didik di SD Negeri 028289 Binjai Utara tahun pelajaran 2021/2022 dengan metode snow ball throwing, Visit Gallery walk dan pojok baca dengan pohon literasi. Dari hasil penelitian terdapat interval 74-84 dengan presentasi 13% sebanyak 4 orang kategorinya tinggi dan interval 85-100 dengan presentasi 85% sebanyak 26 orang kategorinya Artinya semakin baik pelaksanaan literasi dan numerasi di sekolah akan semakin efektif peningkatan berfikir kritis siswa. en_US
dc.subject Budaya Literasi en_US
dc.subject Budaya Numerasi en_US
dc.subject berfikir kritis en_US
dc.subject pembelajaran tematik en_US
dc.title EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DAN NUMERASI DALAM BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 028289 BINJAI UTARA KOTA BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account