Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
implementasi literasi dan numerasi dalam berfikir kritis siswa pada pembelajaran
tematik siswa di kelas V. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif
tipe embedded, yakni pendekatan kualitatif sebagai metode primer dan kuantitatif
sebagai metode sekunder. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan
siswa SD Negeri 028289 Binjai Utara. Alat pengumpulan data Wawancara
observasi, dokumentasi dan test. Hasil penelitian implementasi budaya literasi dan
numerasi pada pembelajaran tematik. Maka penelitian untuk siswa kelas V sudah
dilakukan persiapan, pihak sekolah merasa ada kekurangan karena siswa kurang
berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa kegiatan dilakukan
agar siswa dapat melakukan literasi dan numerasi dengan baik dengan berfikir
kritis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat
dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi dan numerasi di sekolah dengan
peningkatan berfikir kritis peserta didik di SD Negeri 028289 Binjai Utara tahun
pelajaran 2021/2022 dengan metode snow ball throwing, Visit Gallery walk dan
pojok baca dengan pohon literasi. Dari hasil penelitian terdapat interval 74-84
dengan presentasi 13% sebanyak 4 orang kategorinya tinggi dan interval 85-100
dengan presentasi 85% sebanyak 26 orang kategorinya Artinya semakin baik
pelaksanaan literasi dan numerasi di sekolah akan semakin efektif peningkatan
berfikir kritis siswa.