Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Meningkatkan
Kematanagn Emosional Siswa Melalui Layanan Konseling Individual pada Kelas
VII SMP Al – Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan peneliti,masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki
kematangan Emosional. Dengan ini peneliti ingin membantu meningkatkan
kematangan emosionalnya siswa tersebut dengan menggunakan layanan konseling
individual yaitu proses pemberian bantuan yang dilakukan secara tatap muka oleh
seorang konselor kepada individu (klien) yang memiliki masalah untuk mencari
solusi atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi klien. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk meningkatkan kematanagan emosional siswa melalui layanan
konseling individual pada kelas VII SMP Al-Hidayah Medan Tahun pembelajaran
2017/2018.Objek yang di ambil berjumlah 4 orang siswa, pengumpulan data
dengan menggunakan observasi, wawancara, kajian dokumen. Adapun teknik
analisis data, pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data,
membuat kesimpulan. Dengan dilakukannya penerapan layanan konseling
individual untuk meningkatkan kematangan emosional siswa kelas VII SMP Al-
Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Ternyata telah berhasil
membantu siswa untuk meningkatkan kematangan emosionalnya