Abstract:
Perusahaan yang menjual sebuah produk akan mengalami kegagalan, jika tanpa
adanya strategi yang dilakukan untuk membentuk citra positif di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran manajemen komunikasi CSR
(Corporate Social Responsibility) yang dilakukan oleh PT. Cahaya Gaharu Langkat
dalam membentuk brand image. Dalam penelitian ini, teori yang dianggap relevan
adalah mengenai Manajemen Komunikasi, Komunikasi CSR dan Brand Image
(Citra Merek). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan
meliputi reduksi data / pemilahan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Informan penelitian ini terdiri dari pimpinan perusahaan, humas
perusahaan dan seorang karyawan. Hasil penelitian menunjukkan PT. Cahaya
Gaharu Langkat melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program-program
CSR, seperti pembukaan lapangan pekerjaan dan keterlibatan masyarakat lokal
dalam budidaya gaharu, perusahaan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat
lokal. Selain itu juga menciptakan semangat untuk melestarikan gaharu dan sumber
daya alam yang berkelanjutan agar dapat merasakan manfaatnya bersama.