Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas belajar
dapat ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa
kelas X TSM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu
mengendalikan diri dan menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam
proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan
dikelas, takut untuk mengungkapkan permasalahan dikelas. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas X TSM SMK Negeri 1
Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X TSM berjumlah sebanyak 60 siswa dan objeknya adalah 10
siswa. Adapun istrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan efektivitas belajar. Adapun teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan mengambilkan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa
penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan efektivitas belajar
sudah diterapkan sering pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan
adanya layanan tersebut, masalah anak yang mengalami ketidak efektivitas belajar
sudah mulai mampu untuk suasana yang memang tidak kondusif dan mulai
membiasakan diri untuk belajar dengan suasana seperti itu pada kelas X TSM di
SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018