Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-book dengan
menggunakan advanced organizer sebagai bahan ajar pada materi himpunan.
Penelitian juga bertujuan untuk mengevaluasi proses pengembangan bahan ajar dan
menilai kelayakannya dari sudut pandang peningkatan kemampuan siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) yang melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barumun pada tahun ajaran
2021/2022, dengan total 27 siswa sebagai subjek penelitian. Pendekatan dalam
mengumpulkan data pada penelitian ini mencakup aspek kualitatif dan kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan mencakup lembar penilaian e-book yang
dievaluasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru matematika, serta
melibatkan penilaian dari teman sejawat dan tes kemampuan siswa. Proses analisis
data dilakukan secara komprehensif, melibatkan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses pengembangan e-book
berbasis advanced organizer telah berhasil. Kualitas kevalidan e-book memenuhi
kriteria valid, sebagaimana tercermin dari rata-rata skor kevalidan sebesar 4,12
dengan klasifikasi baik. Sementara itu, kelayakan bahan ajar e-book, yang dinilai
dari peningkatan kemampuan siswa, juga memenuhi kriteria efektif. Hal ini terbukti
melalui peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest sebesar 25,9%
menjadi post-test sebesar 92,5%, dengan kategori baik.