Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Rasional Emotif
Terapi untuk mengurangi rasa rendah diri pada siswa di Kelas X di SMK YPK
Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang
beralamat di Jl. Sakti Lubis Gg. Amal No.25, Siti Rejo I, Medan Kota, Kota
Medan, Sumatera Utara 20219. Adapun yang menjadi pertimbangan peneliti
memilih lokasi ini adalah sepengetahuan penulis permasalahan yang diteliti belum
pernah diteliti di sekolah tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.
Subjek dalam penelian kualitatif adalah kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah
yang akan diteliti, guru bimbingan konseling (konselor), dan para siswa yang
mengalami masalah rendah diri.
Adapun objek penelitian adalah 5 orang siswa dari Kelas X di SMK YPK yang
mengalami masalah rasa rendah diri.
Instrumen penelitian ini adalah observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan
Rasional Emotif Terapi untuk meningkatkan keadaan rendah diri pada siswa
dikelas XI di SMK YPK tahun pembelajaran 2017/2018 dapat membantu para
siswa-siswi dalam mengurangi rasa rendah diri. Keadaan rendah diri tidak bisa
dihadapi oleh beberapa siswa di sekolah ini muncul karena beberapa faktor, antara
lain faktor lingkungan dan budaya serta lemahnya pemahaman siswa terhadap
dirinya. Hal ini yang membuat keadaan kelas menjadi kurang berdamika, karena
ada pengelompokan. Melihat hal ini pihak sekolah dan guru bimbingan dan
konseling sering memberikan arahan dengan mengajak siswa melakukan layanan
bimbingan dan konseling dengan memahami diri siswa tersebut serta
memperhatikan aspek-aspek apa saja yang membuat mereka tidak bisa mengatasi
rasa rendah dirinya. Hal ini dilakukan dengan maksud agar para siswa-siswi dapat
berkembang secarah utuh.