Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen
strategik pengembangan sumber daya manusia dosen di STAI AL ISHLAHIYAH
Binjai. Prosedur penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2)
wawancara dan (3) dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Analisis SWOT strategis pengembangan dosen disusun
berdasarkan analisis internal dan eksternal. Analisis internal dan eksternal
berdasarkan data yang valid akan menghasilkan rekomendasi yang tepat terhadap
formulasi strategi pengembangan dosen. Dampak manajemen strategis
pengembangan dosen di perguruan tinggi swasta cukup meningkatkan mutu
pendidikan, mutu penelitian, dan mutu pengabdian masyarakat. Hal ini dilihat dari
beberapa dosen yang aktif mengikuti kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Maka, penelitian ini dilakukan agar dapat meningkatkan dan menjelaskan bahwa
manajemen strategis pengembangan dosen sudah diwujudkan sesuai dengan
kaidah-kaidah teori manajemen strategis, sehingga terwujudlah peningkatan mutu
dosen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor
eksternal sebagai landasan dalam menyusun formulasi strategi pengembangan
dosen di STAI AL ISHLAHIYAH Binjai. Setelah data yang diperlukan
terkumpul, peneliti melakukan cross side analysis dengan membandingkan dan
menganalisis data yang satu dengan yang lain secara mendalam dan menarik
kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian secara
kuantitas jumlah dosen terus meningkat setiap tahun. Sedangkan kelemahannya
masih banyak dosen yang belum memiliki kualifikasi doktor serta jumlah guru
besar juga masih sedikit. Dalam aspek pembelajaran belum terwujudnya
pembelajaran berbasis integrasi. Produktivitas penelitian, publikasi dan
pengabdian kepada masyarakat juga masih rendah. Sedangkan tantangan yang
dihadapi saat ini adalah tuntutan ketersedian dosen yang profesional dan
berkualitas.