Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV di
SD Negeri 014660 Perk. Padang Pulau. LKPD disesuaikan dan disusun dengan
langkah-langkah berbasis keterampilan proses yang berisikan mengamati,
mengelompokkan, menafsirkan, memprediksi, bertanya, berhipotesis, mencoba,
dan komunikasikan pada materi sumber energi dan manfaat sumber energi.
Pengembangan LKPD dilakukan dengan metode penelitian R&D (Reserch &
Develpoment), model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis
(Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi
(Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Namun peneliti membatasi pada
tahap Evaluasi (Evaluation). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan
biaya. Hasil kelayakan pada LKPD berbasis keterampilan proses yang didapat
sangat baik secara keseluruhan. Penilaian validasi ahli materi yaitu 98% dengan
kriteria sangat valid. Penilaian validasi bahasa yaitu 97,14% dengan kriteria
sangat valid. Dan hasil penilaian validasi desain yaitu 96,84% dengan kriteria
sangat valid. Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh respon guru yaitu 95,83%
dengan kriteria sangat praktis. Dan hasil penilaian kepraktisan oleh respon peserta
didik yaitu 97,19% dengan kriteria sangat praktis, sehingga LKPD layak untuk
digunakan di Sekolah Dasar (SD).