Research Repository

POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN REMAJA DALAM MENGATASI DAMPAK INTERNET PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author BR GINTING, KARTIKA AYU
dc.date.accessioned 2024-02-22T03:00:17Z
dc.date.available 2024-02-22T03:00:17Z
dc.date.issued 2022-08-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23519
dc.description.abstract Pembelajaran daring menyebabkan anak remaja lebih lama terhubung dengan internet, kondisi ini diyakini dapat menimbulkan dampak negatif kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Remaja Dalam Mengatasi Dampak Negatif Internet Pada Masa Pembelajaran Daring Di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus terhadap dua keluarga yang memiliki anak remaja dengan pengalaman terpapar dampak negatif internet. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Informan yang ditetapkan sebagai subjek dirumuskan berdasarkan kriteria spesifik dan memenuhi syarat pada penelitian ini. Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Berdasarkan empat tipe komunikasi dalam keluarga menurut Fitzpatrick, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua pola komunikasi keluarga, yaitu komunikasi keluarga konsensual dengan intensitas komunikasi yang sering dan terbuka, dan komunikasi keluarga lasissez-faire dengan intensitas komunikasi yang masih rendah sehingga anak cenderung tertutup. Pada prosesnya, kedua keluarga cenderung menggunakan alur satu arah dengan situasi yang dibangun secara berbeda. Proses komunikasi kedua keluarga menggunakan teknik komunikasi agresif dan langsung. Namun, pada topik-topik tertentu, keluarga konsensual menggunakan teknik asertif. Isi pesan yang disampaikan oleh orang tua adalah tentang nilai, moral dan agama sebagai pedoman remaja. Fungsi komunikasi keluarga sebagi pengawasan dipengaruhi oleh pendidikan, sosial dan tingkat ekonomi orang tua dalam memiliki kemampuan litersi digital sebagai pedoman remaja untuk bijak menggunakan internet. en_US
dc.subject Pola Komunikasi Keluarga en_US
dc.subject Orang Tua en_US
dc.subject Remaja en_US
dc.subject Internet en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Literasi Digital en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN REMAJA DALAM MENGATASI DAMPAK INTERNET PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account