Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen yang di
lakukan kepala sekolah untuk membina kompetensi guru di MTs Swasta Al Washliyah Sigambal.Fungsi manajemen tersebut diantaranya adalah perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif, lebih khusus lagi metodologi deskriptif kualitatif. Adapun
teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanan kepala sekolah dalam pembinaan
profesionalisme guru di MTs Swasta Al-Washliyah Sigambal. 2) Bagaimana
pengorganisasian kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di MTs
Al-Washliyah Sigambal 3) Bagaimana pelaksanaan kepala sekolah dalam
pembinaaan profesionalisme guru di MTs Al-Washliyah Sigambal 4) Bagaimana
pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme
guru di MTs Swasta Al-Washliyah Sigambal.
Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan yang dilakukan oleh kepala
sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru terutama dibidang kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional. Perencanaan yang dilakukan oleh kepala
sekolah untuk mengasah kempuan guru dibidang tersebut adalah dengan
melakukan perencanan bimbingan administrasi guru, baik RPP, silabus, penilaian
pesera didik, melakukan pelatihan dan pendidikan, pembinaan melalui organisasi
keguruan yaitu MGMP, pembinaan melalui supervisi kelas, pembinaan melalui
rapat serta pembinaan tugas secara individual. Pengorganisasian yang dilakukan
oleh kepala sekolah adalah dengan mengelompakkan tugas sesuai dengn latar
belakang di miliki para guru di MTs Al-Washliyah Sigambal. Pelaksanaan yang
dilakukan oleh kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru adalah
dengan merealisasikan perencanaan dan pengorganisasian yang disusun oleh
kepala sekolah dan pihk-pihak yang terkait seperti pelatihan, memfasilitasi sarana
dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar, melalui organisasi
pendidikan, rapat serta supervisi yang sudah direncanakan oleh kepala sekolah
Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Pengawasan yang dilakukan
oleh kepala sekolah adalah dengan melihat kelengkapan guru dalam mengajar,
baik itu administrasi, cara mengajar, media yang digunakan dan penguasaan
materi didalam kelas serta melakukan evaluasi.