Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E Service Quality, Customer Review terhadap keputusan pembelian melalui
kepercayaan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggunakan aplikasi tokopedia. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin berjumlah 97 orang Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan analisis statistik dengan menggunkana uji Analisis Auter Model,
Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa secara langsung E-Service Quality, Customer Review dan
kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, E-Service
Quality dan Customer Review berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan
secara tidak langsung E-Service Quality dan Customer Review berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Melalui kepercayaan pada tokopedia.