Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji, dan menganalisis pengaruh
pemahaman sumber daya insani atas akuntansi akad salam dan gharar terhadap
tingkat kepuasan pelanggan transaksi online dengan religiusitas sebagai variabel
moderasi (studi kasus Rumah Busana Muslim Riri). Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 69 distributor dari Rumah Busana Muslim Riri,
dengan teknik pengambilan sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan
sampel yaitu 69 distributor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square
(PLS). Pengujian model struktural dalam PLS dilakukan dengan bantuan software
Smart PLS ver. 4 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
sumber daya insani atas akuntansi akad salam berpengaruh terhadap tingkat
kepuasan pelanggan transaksi online, pemahaman sumber daya insani atas gharar
berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan transaksi online, religiusitas
dapat memoderasi pengaruh pemahaman sumber daya insani atas akuntansi akad
salam terhadap tingkat kepuasan pelanggan transaksi online, dan religiusitas dapat
memoderasi pengaruh pemahaman sumber daya insani atas gharar terhadap
tingkat kepuasan pelanggan transaksi online.