Abstract:
PT Sorik Marapi Geothermal Power adalah merupakan Perusahaan yang
bergerak dibidang pengembangan energi listrik panas bumi. Peningkatan keunggulan
kompetitif dalam pengembangan usaha panas bumi sangat dibutuhkan. Penerapan
value chain (rantai nilai) adalah merupakan strategis untuk mengetahui aktivitas-
aktivitas perusahaan yang mengarah kepada keunggulan kompetitif serta cara
menciptakannya dan mempertahankannya. Perusahaaan dalam pengembangan
panas bumi menggunakan teknologi dan inovasi yang tepat dan efisiensi biaya.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis
penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif dengan melakukan
observasi dan wawancara. Sedangkan jenis data yang sangat mendukung dalam
penelitian ini adalah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil
observasi,wawancara dilapangan dan data skunder yang diperoleh dari penelitian
terdahulu dan kajian Pustaka. Dalam pengembangan panas bumi untuk mencapai
keunggulan kompetitif dari kegiatan rantai nilai adalah dengan adanya pemanfaatan
teknologi dengan sistem binary cycle power plant, sistem pengeboran yang efektif,
serta dengan menerapkan knock-down construction system.
Strategi-strategi perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif yang
dicapai didukung sepenuhnya oleh sumber daya manusia yang sangat berperan
penting dalam pencapaian perusahaan. Keunggulan kompetitif yang diperoleh PT
Sorik Marapi Geothermal dapat menerapkan cost yang lebih efisien dalam
pengembangan usaha panas bumi yang ditandai dengan pemcapaian pembangunan
pembangkit 1unit/tahun dan telah berhasil menyalurkan 140MW kepada PT PLN
melalui jalur transmisi 150KV. Mencapai keunggulan kompetitif dengan menghasilkan
keuntungan atau produksi listrik 2.2 kali jika dibandingkan dengan pemanfaatan
teknologi konvensional dan juga dapat menjual energi listrik dibawah BPP bagian
Sumatera dengan harga 8.1 cent/Kwh.