Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas sistem reward
yang telah ditetapkan dalam meningkatkan komitmen kerja guru dalam kegiatan
pembelajaran di SMA Plus Sedayu Nusantara Medan. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian mix metode. Populasi dalam penelitian adalah Yayasan, Kepala
Sekolah dan guru mata pelajaran dan pihak sebanyak 45 responden diambil dari
sebagian populasi. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan
angket. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis statistik
deskriptif dengan menggunakan korelasi person product moment. Hasil
penelitian ini menunjukkan sistem reward yang telah ditetapkan di SMA Plus
Sedayu Nusantara Medan sudah cukup baik diterima oleh guru, kemudian
komitmen kerja di SMA Plus Sedayu Nusantara Medan sudah baik terlihat dari
kemauan guru untuk terus berinovasi dalam memaksimalkan proses pembelajaran,
dan reward memberikan pengaruh yang signifikan kepada komitmen kerja guru
SMA Plus Sedayu Nusantara Medan dimana terlihat dari nilai rxy atau nilai
pengaruh variabel x terhadap variabel y dimana adalah komitmen guru yang
hasilnya menunjukkan nilai 0,562 dan jika nilai ini dikonsultasikan dengan tabel
nilai r momen, sisanya sebesar 0,438 dipengaruhi oleh faktor - faktor lain.