Abstract:
Nur Ainun (1901020123), Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS YPI Al-Hidayah Lubuk
Pakam tahun ajaran 2022/2023. Skripsi, Medan: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,
2022.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:
pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Sumber datanya
adalah data skunder dan data primer yang penelitian ini adalah siswa dan
guru sejarah kebudayaan islam, pengumpulan datanya menggunakan teknik
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisi data yang
digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Problematika yang dihadapi siswa dalam pebelajaran sejarah kebudayaan
islam adalah rasa bosan yang menjadi masalah besar bagi siswa, munculnya
rasa malas dapat mengakibatkan siswa mendapat nilai dibawah KKM,
sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri adalah
pengaruh penggunaan gadget yang terlalu berlebihan, tidak dapat mengatur
waktu dengan baik dan kurangnya dukungan dari keluarga untuk
meningkatkan minat belajar siswa