Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode ziyadah dalam
peningkatan hafalan Al-Qur’an di MTsPN 4 Medan, meliputi kegiatan
perencanaan, pelaksanaan penggunaan metode ziyadah, serta evaluasi yang
dilakukan pada penggunaan metode ziyadah. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi data. Teknik
keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi metode ziyadah dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an di MTsPN 4
Medan terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama perencanaan, meliputi: penetapan
program, menentukan teknik menghafal Al-Qur’an, menntukan target hafalan.
Tahap kedua yakni pelaksanaan. Pelaksanaan metode ziyadah sudah sesuai,
banyak siswa yang sudah mencapai target hafalan sesuai dengan ketetapan
sekolah . Tahap ketiga yakni evaluasi dalam penggunaan metode ziyadah
dilakukan dengan cara selesai menyetorkan hafalan siswa diberikan penilaian
dalam catatan setoran hafalan siswa, untuk siswa yang mencapai target hafalan
akan diberikan sertifikat sebagai bukti keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an.