Abstract:
Penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran flipbook dalam
kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk media pembelajaran berbasis flipbook pada pembelajaran
IPS materi ASEAN. Produk dapat dijadikan media ajar yang menarik dan sesuai
dengan perkembangan abad 21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan atau Research & Development (R&D) mengadopsi model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation) karena sistematika model ini sederhana, sehingga sesuai dengan
karakteristik pembelajaran dan bisa digunakan untuk mengembangkan media ajar
pada pembelajaran di ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang sesuai
dengan kurikulum K-13. Namun, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada
tahap Implementation. Peneliti memodifikasi model pengembangan sesuai
kebutuhan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flipbook pada
pembelajaran IPS materi ASEAN dinyatakan valid dan praktis. Tingkat kevalidan
dan kepraktisan media flipbook dilihat berdasarkan pada penilaian oleh Validator
Media diperoleh nilai “98,7%”, Validator Materi “84%“, Validator Bahasa
“90,76%“, dan respon peserta didik “94,57%“ dengan kriteria “Sangat Valid”,
yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Kemudian hasil penilaian kepraktisan media oleh guru menunjukkan hasil nilai
yaitu “96%” dan respon peserta didik “ 96,4%“ dengan kriteria “Sangat Praktis”,
yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam media pembelajaran.