Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai implementasi program
parenting di SMP Darussalam Medan, mendeskripsikan kendala dan solusi yang
dialami dalam melaksanakan program parenting di SMP Darussalam Medan, serta
Mendeskripsikan hasil perkembangan karakter peserta didik di SMP Darussalam
Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Metode kualitatif bertujuan untuk mend apatkan data dengan cara observasi
lapangan secara langsung. Serta menggunakan pendekatan deskriptif bertujuan
untuk mengkaji dan mendeskripsikan suatu kegiatan implementasi program
parenting di SMP Darussalam Medan. Hasil penelitian mengenai implementasi
program parenting di SMP Darussalam Medan yaitu program parenting
dilaksanakan satu kali dalam setahun dengan melakukan sosialisasi dan berdiskusi
antara pihak sekolah dan orangtua mengenai perkembangan karakter siswa. Adapun
kendala yang dialami dalam melaksanakan program parenting ialah kurangnya
respon, antusias dan ketidakaktifan orangtua dalam pelaksanaan program
parenting. Pihak sekolah memiliki solusi untuk mengatasi kendala ialah pihak
sekolah dan orangtua membuat whatsapp group dan zoom meeting untuk orangtua
yang tidak dapat menghadiri kegiatan, melakukan dialog dalam membangun
komunikasi yang efektif dan melakukan evaluasi penilaian jangka pendek dan
penilaian jangka panjang. Hasil implementasi program parenting di SMP
Darussalam Medan yaitu menambah pengetahuan dan membuka pola pikir
orangtua dalam menerapkan pola asuh yang baik, peran guru dalam mempraktikan
pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dan meneladani, serta
membangun sinergi antara pihak sekolah, guru, dan orangtua dalam perkembangan
karakter siswa ialah menjadikan peserta didik yang menaati dan melaksanakan
ibadah kepada Allah Swt, melahirkan peserta didik menjadi generasi Qur’ani,
menjadikan peserta didik yang berakhlakul karimah, membimbing peserta didik
aktif dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam. Menjadikan peserta
didik yang bertanggungjawab, disiplin dan menaati peraturan sekolah, serta
menjadikan peserta didik sebagai generasi yang mencintai keberagaman budaya