Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUBAL 3D (PUZZLE BALOK 3D) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD SWASTA QURRTA A’YUN

Show simple item record

dc.contributor.author ARIZKA, SEPHIA
dc.date.accessioned 2023-11-29T08:25:30Z
dc.date.available 2023-11-29T08:25:30Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23430
dc.description.abstract Kurangnya menerapkan media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran yang membawa siswa belajar sambil bermain akan membuat anak lebih paham untuk menguasai materi dan juga dengan mudah untuk mengingat materi pembelajaran yang dibahas, apalagi dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis 3D akan membuat siswa semakin penasaran sehingga timbul rasa semangat dalam dirinya akan pembelajaran yang diberikan. Dengan tujuan agar siswadapat tertarik, berkonsentrasi atau terfokus pada gambar dan mampu menggunakan daya fikir untuk dapat memecahkan suatu teka-teki atau masalah dengan koordinasi mata dan tanganya sehingga kognitif siswa dapat berkembang baik dengan media yang menarik. penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) yaitu pengembangan suatu proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Metode yang digunakkan adalah metode borg and gall yang dimana ada 10 tahapan namun diperkecil menjadi 6 tahapan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran tematik. Yang menjadi populasi adalah seluruh Siswa Kelas 3 SD Swasta Qurrta A’yun, Yang berjumlah satu kelas dengan jumlah keseluruhan 40 siswa, siswa laki-laki terdiri dari 15 orang dan siswa perempuan 25 orang. Setelah melakukan pengembangan media sesuai dengan metode penelitian R&D yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kepraktisan, dan kevalidan produk atau media yang dikembangkan yaitu media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran IPA pada siswa kelas 3 SD Swasta Qurta ayun. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain diperoleh 98,3%, hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi adalah 95,7%, dan hasil validasi yang dilakukan oelh ahli bahasa adalah 98,3%. Dari hasil kepraktisan oleh guru adalah 82,6% dan kepraktisan oleh siswa adalah 60.3% penilaian tes soal dalam proses pembelajaran IPA mendapatkan nilai 80- 100 sebanyak 25 siswa atau setara dengan 87,6% telah mengalami peningkatan, dimana pada media sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Maka dari hasil yang diperoleh media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa terhadap materi yang diberikan guru. Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) valid untuk digunakan pada proses pembelajaran IPA dan tingkat kepraktisan media juga sangat baik untuk menyampaikan materi sesuai tujuan pembelajaran di kelas 3 SD Swasta Qurrta A’yun. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Pubal 3D en_US
dc.subject Pembelajaran Ipa en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUBAL 3D (PUZZLE BALOK 3D) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD SWASTA QURRTA A’YUN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account