Abstract:
Kurangnya menerapkan media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran
yang membawa siswa belajar sambil bermain akan membuat anak lebih paham
untuk menguasai materi dan juga dengan mudah untuk mengingat materi
pembelajaran yang dibahas, apalagi dengan menggunakan media pembelajaran
yang berbasis 3D akan membuat siswa semakin penasaran sehingga timbul rasa
semangat dalam dirinya akan pembelajaran yang diberikan. Dengan tujuan agar
siswadapat tertarik, berkonsentrasi atau terfokus pada gambar dan mampu
menggunakan daya fikir untuk dapat memecahkan suatu teka-teki atau masalah
dengan koordinasi mata dan tanganya sehingga kognitif siswa dapat berkembang
baik dengan media yang menarik. penelitian ini menggunakan penelitian Research
and Development (R&D) yaitu pengembangan suatu proses yang dipakai untuk
mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Metode yang digunakkan
adalah metode borg and gall yang dimana ada 10 tahapan namun diperkecil
menjadi 6 tahapan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa
Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran tematik. Yang menjadi
populasi adalah seluruh Siswa Kelas 3 SD Swasta Qurrta A’yun, Yang berjumlah
satu kelas dengan jumlah keseluruhan 40 siswa, siswa laki-laki terdiri dari 15
orang dan siswa perempuan 25 orang. Setelah melakukan pengembangan media
sesuai dengan metode penelitian R&D yang digunakan untuk menghasilkan
produk tertentu dan menguji kepraktisan, dan kevalidan produk atau media yang
dikembangkan yaitu media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran IPA
pada siswa kelas 3 SD Swasta Qurta ayun. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh
ahli desain diperoleh 98,3%, hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi adalah
95,7%, dan hasil validasi yang dilakukan oelh ahli bahasa adalah 98,3%. Dari
hasil kepraktisan oleh guru adalah 82,6% dan kepraktisan oleh siswa adalah
60.3% penilaian tes soal dalam proses pembelajaran IPA mendapatkan nilai 80-
100 sebanyak 25 siswa atau setara dengan 87,6% telah mengalami peningkatan,
dimana pada media sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Maka dari hasil yang
diperoleh media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) yang dikembangkan efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa terhadap materi yang diberikan
guru. Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) valid untuk digunakan pada proses
pembelajaran IPA dan tingkat kepraktisan media juga sangat baik untuk
menyampaikan materi sesuai tujuan pembelajaran di kelas 3 SD Swasta Qurrta
A’yun.