dc.contributor.author | NURJANAH, BELA | |
dc.date.accessioned | 2023-11-29T07:50:33Z | |
dc.date.available | 2023-11-29T07:50:33Z | |
dc.date.issued | 2023-11-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23423 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik kelas IV dalam pembelajaran PPKn karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga mengakibatkan kurangnya respon keaktifan siswa kelas IV saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media buku saku digital dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan kepraktisan penggunaan media pembelajaran buku saku digital terhadap respon siswa serta guru setelah menggunakan media pembelajaran buku saku siswa kelas IV SD.Negeri 106866 Cemara. Dengan berkembangnya smartphone seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya dalam media pembelajaran yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hasil kepraktisan media pembelajaran buku saku digital untuk respon guru diperoleh total skor sebesar 46 dengan presentase 83% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh total skor sebesar 332 dengan presentase 88% dengan keterangan kriteria sangatpraktis. Maka dari hasil kepraktisan untuk respon guru dan siswa diatas maka dikatakan dengan kriteria penilaian sangat praktis sebagai media pembelajaran buku saku digital dikelas IV SD.Negeri 106866 Cemara | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Buku Saku Digital | en_US |
dc.subject | Pendidikan Pancasila | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKN DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBANTUAN ANDROID DALAM MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 106866 CEMARA TP.2023/2024 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |